IKLAN

Online Based Media Learning

Rabu, 31 Juli 2024

Perkembangan Teknologi di Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Perkembangan Teknologi Jaringan Dedicated ke Jaringan Converged

Pada akhir tahun 90-an, jika diamati, terdapat banyak jenis jaringan yang memberikan layanan berbeda-beda, seperti jaringan telepon, jaringan televisi, jaringan komputer, dan internet. Era ini adalah era Dedicated Network atau jaringan khusus dengan teknologi yang masih terpisah-pisah.(Cisco Press, 2018)

Dedicated network (jaringan Dedicated) masih memisahkan antara suara,  video, komputer, dan komunikasi. Telepon, televisi, dan komputer masih menggunakan teknologi dan struktur jaringan masing-masing. Pada masa kini, teknologi telah memungkinkan untuk menggabungkan  semua elemen komunikasi dengan peralatan yang mampu mengakses semua jenis layanan dalam jaringan pada waktu yang sama.
Teknologi masa kini telah menggabungkan beberapa layanan yang berbeda dari jaringan. Teknologi ini disebut dengan jaringan terkonvergensi atau saling terkait (Converged network). Pada jaringan Converged (Converged network), layanan suara, video, dan data menggunakan kanal komunikasi dan struktur jaringan yang sama dengan yang ditunjukkan pada Gambar diatas Pada jaringan ini, pengguna dapat melakukan panggilan telepon melalui internet, menonton siaran televisi melalui telepon seluler, juga menggunakan internet melalui televisi. Seperti halnya jaringan Dedicated, jaringan Converged juga dapat melakukan layanan data, seperti menghubungkan beberapa komputer dengan internet (small home network), melakukan hubungan antara komputer di perkantoran dan komputer pribadi di rumah secara remote untuk dapat terkoneksi dengan sumber daya yang terdapat pada jaringan perusahaan, dan mengakses sumber daya terpusat yang dibagi pakai (shared). Dengan kata lain, jaringan Converged juga melakukan layanan data untuk jaringan kecil, menengah, dan besar.

Refleksi
1. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Dedicated Network?
2. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Coverage Nerwork?



0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK