IKLAN

Online Based Media Learning

Sabtu, 27 Juli 2024

ARSITEKTUR DAN TOPOLOGI JARINGAN



Pengertian Arsitektur Jaringan
Arsitektur jaringan merupakan rancangan arus komunikasi yang diterapkan pada media elektronik.
Arsitektur jaringan juga merupakan lapisan atau himpunan layer yang memiliki tujuan untuk memberikan layanan pada layar diatasnya.

Jenis Arsitektur Jaringan
Pada umumnya arsitektur jaringan terbagi menjadi tiga bagian yaitu WAN, MAN, dan LAN.

WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan yang lebih luas dibandingkan dengan MAN dan LAN. Biasanya WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer antar negara hingga benua. Agar jaringan dapat terhubung, maka diperlukan kabel fiber optik. Kabel tersebut biasanya ditanam di tanah ataupun dibawah laut.

MAN (Metropolitan Area Network)
MAN menjadi jaringan yang memiliki jangkauan lebih sempit jika dibandingkan dengan WAN namun lebih luas jika dibandingkan dengan LAN. Teknologi yang digunakan pada MAN sudah lebih bagus jika dibandingkan dengan LAN. Cakupan yang lebih luas mendukung untuk menghubungkan jaringan komputer antar kota. Agar jaringan MAN dapat diterapkan, maka diperlukan operator telekomunikasi. Operator akan berperan menjadi penghubung antara jaringan komputer satu dengan jaringan komputer lainnya.

LAN (Local Area Network)
Local Area Network (LAN) merupakan jenis dari arsitektur jaringan dimana jaringannya mencakup area lokal saja. Biasanya jaringan tersebut dimanfaatkan oleh orang yang berada di area LAN. Penggunaan LAN biasanya untuk menghubungkan perangkat ke internet yang memanfaatkan perangkat jaringan sederhana. Terdapat beberapa contoh dari perangkat sederhana yang digunakan diantranya Router, Hub, UTP dan Switch. 

Topologi Jaringan
Topologi jaringan masih terkait dengan istilah arsitektur jaringan. Secara umum terdapat tiga jenis pembagian topologi jaringan yaitu.

Topologi Star
Topologi ini disebut sebagai topologi star karena memiliki bentuk seperti bintang. Dalam topologi ini terdapat inti yang disambungkan dengan node atau inti lainnya. Topologi ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya akan memudahkan dalam penambahan komputer dalam jaringan. Kekurangan dari topologi ini adalah saat lalu lintas padat, maka kecepatan transfer datapun akan menjadi lebih lambat.

Topologi Ring
Topologi Ring menjadi topologi yang memiliki performa tinggi. Setiap node pada topologi ini akan memiliki peran sebagai repeater agar sinyal lebih kuat. Setiap perangkat yang ada pada Topologi Ring akan bekerjasama untuk menerima serta meneruskan sinyal. Proses yang terjadi akan dibantu oleh Token.

Topologi Bus
Topologi Bus merupakan topologi yang pertama kali dicetuskan untuk menghubungkan komputer. Setiap komputer dapat terhubung dengan kabel panjang dengan beberapa terminal. Diujung kabel terdapat terminator. Saat ini, topologi bus jariang digunakan karena memiliki potensi tabrakan data dan kecepatan transfer yang terbilang lambat.









0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK