IKLAN

Online Based Media Learning

Kamis, 18 Januari 2024

BAB V MENGKONFIGURASI VPN SERVER ( Protokol VPN )

Protocol Tunneling VPN

Pengembang sistem VPN sangat beragam, dimana pada umumnya tidak kompatibel antara satudan lain. Perbedaan yang dimiliki oleh jenis-jenis VPN tersebut antara lain adalah pada protocol-protocol tunneling yang digunakan, jenis dari protocol-protocol tersebut adalah:

  1. Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP), Protokol tunneling jenis ini banyak digunakan pada produk-produk microsoft, protokol iniberjalan pada lapisan ke dua model layer OSI.
  2. Layer Two Tunneling Protocol (L2TP), Awalnya bernama Layer 2 Forwarding, yang kemudian dikembangkan dengan menambahkankelebihan-kelebihan PPTP. Protokol jenis ini dikembangkan oleh perusahaan CISCO. Seperti namanya protocol ini berjalan pada lapisan ke dua OSI.
  3. Internet Protocol Security (Ipsec), VPN dengan Protokol ini paling banyak jenisnya, protokol ini digunakan pada produk-produkmicrosoft, cisco dan berbagai vendor jaringan lain. Merupakan pengembangan dari dua protokoltunneling VPN sebelumnya. Protocol ini bekerja pada lapisan ke 3 model OSI.
  4. Secure Socket Layer (SSL), SSL sering juga disebut Transport Layer Security(TLS) karena bekerja pada lapisan kemodelOSI yaitu lapisan transport. Protokol ini belum banyak digunakan pada vendor VPN, tetapidengan fitur-fitur yang dimilikinya protokol jenis ini memiliki potensi berkembang yang sangatbesar. Protokol ini banyak digunakan pada prodok-produk Open Source.

0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK