IKLAN

Online Based Media Learning

Minggu, 12 November 2023

Apa Itu Pengertian SSH : Manfaat, Fungsi, dan Cara Kerja

Apa Itu Pengertian SSH :
Istilah SSH (Secure Shell) atau FTP (File Transfer Protocol), merupakan protokol jaringan yang berjalan diatas TCP/IP Layer. Namun yang saat ini yang kita akan membahas adalah apa itu SSH. Mungkin masih banyak yang belum mengerti atau tidak tahu sama sekali mengenai apa itu SSH, untuk hal tersebut, mari simak pembahasan mengenai apa itu SSH, Apa manfaat serta keuntungan apa saja dalam menggunakan SSH.

Pengertian SSH (Secure Shell)

SSH merupakan sebuah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan juga rlogin, yang jauh lebih aman. Fungsi utama aplikasi ini yaitu untuk mengakses mesin secara remote. Sama seperti halnya telnet, SSH Client menyediakan User dengan Shell untuk remote pada mesin. Tidak seperti telnet, SSH menyediakan koneksi enkripsi antara klien dengan server. Dalam prakteknya, penggunaan menggunakan telnet dan ssh seperti perbedaan dengan mengakses website biasa dengan website yang lebih aman (HTTPS).

Manfaat menggunakan SSH

Dengan menggunakan SSH maka kita dapat bergerak bebas melalui stuktur file akun hosting. Kita juga dapat menjalankan tugas seperti monitoring pada log file dan memulai atau juga menghentikan service yang berlaku di layanan VPS / Dedicate. Bahkan kita juga dapat menggunakannya untuk menginstall software ke akun hosting atau manage database MySQL. SSH juga bisa mengijinkan kita untuk melakukan banyak hal lebih dari standard web.

Perlindungan yang diberikan SSH

SSH dapat mengijinkan mengenskripsi data sehingga kemungkinan malicious tidak dapat mengakses informasi user dan password. SSH juga mengizinkan untuk menembus protokol lain seperti FTP. Berikut beberapa hal spesifik mengenai perlindungan yang diberikan SSH :
1. DNS Spoofing

Penyerangan hacking dalam jenis ini dilakukan dengan cara memasukkan data dalam Sistem Domain yang dimana Name Server cache database. Tentu saja hal ini akan menyebabkan Name Server akan kembali ke IP yang salah sehingga dapat mengalihkan lalu lintas pada komputer lain.
2. Manipulasi Data seperti halnya router di sepanjang jaringan

Penyerang dapat memperoleh atau merubah data pada perantara sepanjang rute jaringan. Hal ini sering dilakukan pada router dimana data yang masuk dari gateway atau pos pemeriksaan di jalan menuju ke tujuan.
3. IP Address Spoofing

IP Spoofing bekerja dengan cara menyembunyikan alamat IP dengan membuat paket IP yang berisi alamat IP palsu dalam upaya untuk meniru koneksi lain dan menyembunyikan identitas ketika kita mengirim sebuah informasi.

Untuk mendapatkan akun dan penggunaan dari SSH ini, maka kita bisa mendapatkan akun SSH gratis dari penyedia provider dengan syaratnya server base on linux.

0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK